CARA MUDAH MENYETEM GITAR

CARA MUDAH MENYETEM GITAR

cara menyetel gitar 1
  1. Putar tuas senar gitar  nomer 1(paling bawah) tentukanlah kekencangan senar tersebut sesuai yang  anda  inginkan  karna senar no 1 akan menjadikan tinggi rendahnya  setelan gitar anda. 
  2. Petiklah senar gitar nomor 2  yang ditekan pada kolom nomor 5  samakan dengan bunyi senar gitar    nomor1(paling bawah) tanpa tekanan, bunyi keduanya harus sama. 
  3. .Petik senar nomor 3 tekan pada kolom nomor 4. samakan dengan bunyi senar nomor 2 tanpa ditekan.
  4. Petik senar nomor 4 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 3 tanpa ditekan. 
  5. Petik senar nomor 5 tekan pada kolom nomor 5,samakan dengan bunyi senar nomor 4 tanpa ditekan. 
  6. Petik senar nomor 6 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 5 tanpa ditekan.
 biar lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini !


jika cara yang pertama sudah selesai  anda bisa lanjutkan ke cara yang ke dua dengan tujuan untuk memaksimalkan stelan gitarnya, karena biasanya masih ada snar gitar yang masih sedikit fals tapi syukur² kalo setelannya langsung pas .

cara menyetel gitar  ke-2

  1. petik senar no 1 (paling bawah) tanpa di tekan, lalu petik lagi senar no 1 sambil di tekan di fret 3 selanjutnya petik senar no 3 tanpa di tekan.
  2. petik senar no 2 tanpa di tekan ,lalu petik lagi senar no 2 sambil di tekan di fret 3 selanjutnya petik senar no 4 tanpa di tekan.
  3. petik senar no 3 tanpa di tekan ,lalu petik lagi senar no 3 sambil di tekan di fret 2 selanjutnya petik senar no 5 tanpa di tekan .
  4. petik senar no 4 tanpa di tekan , lalu petik lagi senar no 4 sambil di tekan di fret 2 selanjutnya petik senar no 6 tanpa di tekan .
biar lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini !


  catt : petikan senar tiap langkahnya  harus cepat agar suaranya bisa  terdengar lebih jelas dan
perlu anda ketahui juga jika stelan ke 1 nadanya sudah pas namun di setelan ke 2 nadanya ada yang tidak pas itu tandanya gitarnya masih fals begitu juga sebaliknya , jadi intinya silahkan kamu bolak-balik antara cara 1 dan 2 sampai nada di ke dua cara tersebut  sama nadanya !

ups'  lupa satu lagi  yang mungkin sobat perlu diketahui yaitu tentang  senar gitar. 
pasti di antara sobat  sering mengalami masalah tentang kendor atau kencangnya senar gitar yang anda pakai meski untuk senar no1  itu tergantung selera sobat ,tapi masalahnya untuk senar no2 sampai senar no 6 kadang kalanya kita suka bertanya-tanya apakah senar yang  akan kita  samakan itu terlalu kencang atau kendor ,caranya yaitu :
kita ambil contoh senar 2 ingin  di samakan dengan senar 1 maka langkah pertama adalah mencari nada yang sama, caranya dengan petik senar 2 sambil di tekan dan 1 tidak di tekan  di tiap fret nya jika suara nada yang samanya di atas fret 5 yaitu fret 6 fret 7 dst....  maka dapat di pastikan senar no 2 nya kurang kencang maka kencangkanlah senarnya sampai  nadanya sama di frett 5 dan jika suara nada yang samanya di bawah fret 5 yaitu fret 4 sampai fret 1 maka di pastikan senar no2 nya terlalu kencang maka harus di kendorin sampai nadanya sama di fret 5, khusus senar no3 tumpuanya di freet 4 bukan fret 5.


gambar fret gitar !
 
rumus kendor - kendor  :D
Di bawah 5 = terlalu kencang = di kendorkan
Di atas 5     = terlalu kendor   = di kencangkan
*khusus senar no 3
Di bawah 4 = terlalu kencang = di kendorkan
Di atas 4     = terlalu kendor   = di kencangkan

selamat mencoba :D


sumber : http://yeyev94.blogspot.com/2013/07/cara-menyetel-guitar-mudah-dan-cepat.html
Previous
Next Post »
Thanks for your comment